Perlengkapan
Universitas Muhammadiyah Malang
Perlengkapan
Universitas Muhammadiyah Malang

Urusan Kebersihan dan Taman


SELAMAT DATANG DI URUSAN KEBERSIHAN & TAMAN


 




H. Paidi, SH
Kaur. Kebersihan dan Taman


URUSAN KEBERSIHAN DAN TAMAN

 

BAGIAN PERLENGKAPAN DAN RUMAH TANGGA

 

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

 


Untuk menjaga kebersihan dan penataan lingkungan Universitas Muhmammdiyah Malang memerlukan perawatan secara intensif yang dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Oleh karenanya, dilakukan kerjasama dengan beberapa rekanan untuk menyediakan jasa cleaning service yang diatur oleh seorang kepala urusan yang tergabung dalam bagian perlengkapan dan rumahtangga.

 
Adapun rekanan yang menyediakan jasa cleaning service serta jumlah personal yang dikirim diantaranya adalah (1) CV. Mega Karya sebanyak 80 orang (kampus II sebanyak 20 orang dan kampus III sebanyak 60 orang) ; (2) CV. Rosidar Jaya sebanyak 53 orang tersebar di kampus III ; (3) Kopkar Melati sebanyak 34 orang. Disamping itu, ada beberapa area terkait penataan taman dan beberapa jalan protokoler ditangani oleh tenaga kontrak Universitas Muhammadiyah Malang sebanyak 10 orang. Disamping itu, kepala urusan kebersihan dan taman untuk menjalankan tugas-tugas tersebut dibantu oleh 4 orang staf office boy.

Tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh urusan kebersihan dan taman secara global adalah menjaga kebersihan, penataan dan perawatan lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang khususnya gedung dan taman yang ada didasarkan pada Surat perintah Kerja yang telah disepakati antara rekanan dan Universitas Muhammadiyah Malang.


Tugas-Tugas Pokok Urusan Kebersihan dan Taman

 

Mengatur dan mengkoordinasikan dengan supervisor cleaning service rekanan
Mengatur dan menjaga kebersihan gedung, halaman, jalan dan taman
Melakukan pengecekkan kebersihan gedung, halaman, jalan dan taman
Melakukan pengecekkan toilet seluruh gedung
Melakukan perbaikan kerusakan-kerusakan berskala kecil
Menyediakan air minum untuk perkantoran (fakultas dan unit kerja)
Melakukan tugas insidental dan periodik universitas
Membuat laporan kinerja cleaning service sebagai evaluasi secara periodik





Bagan Penanganan Kerusakan Gedung Berskala Kecil


 

 

Standar Operasional Prosedur (SOP) Urusan Kebersihan dan Taman

Kondisi lingkungan yang bersih dan nyaman merupakan salah satu penunjang berjalannya proses pelayanan akademik dan kemahasiswaan dengan lancar sehingga dapat menghasilkan hasil kerja dan prestasi yang opotimal. Hal ini merupakan tugas utama bagi urusan kebersihan bersama cleaning service Universitas Muhammadiyah Malang yang terjabarkan dalam standar operasional prosedur berikut ini:

Presensi kehadiran tenaga cleaning service sesuai dengan pembagian tugas masing-masing

a.       Pengkondisian gedung perkantoran sesuai pembagian tugasnya

Pagi hari (dua kali membersihkan)

1)      Membuka setiap ruangan perkantoran

2)      Membersihkan ruangan dan isinya

a)       Membersihkan dan menata mebeler yang ada

b)      Membersihkan kaca

c)       Menyapu

d)      Mengepel

e)       Menyalakan AC/Fan

f)        Menyalakan lampu

g)       Memberi pengharum ruangan

h)      Membuang sampah

3)      Membersihkan kamar toilet

Siang hari (dua kali membersihkan)

1)      Melakukan pengecekkan kebersihan berkala

2)      Membuang sampah

Sore/malam hari (dua kali membersihkan)

1)      Membersihkan ruangan dan isinya

a)       Membersihkan dan menata mebeler yang ada

b)      Membersihkan kaca

c)       Menyapu

d)      Mengepel

e)       Mematikan lampu

f)        Mematikan AC/Fan

g)      Membuang sampah

2)      Membersihkan toilet

3)      Menutup ruang perkantoran

b.      Menyediakan air minum untuk fakultas dan unit kerja

c.       Pengkondisian gedung perkuliahan sesuai pembagian tugasnya

Pagi hari (dua kali membersihkan)

1)      Membuka setiap ruangan perkuliahan

2)      Membersihkan ruangan perkuliahan dan isinya

a)       Membersihkan dan menata peralatan perkuliahan yang ada

b)      Membersihkan kaca

c)       Menyapu

d)      Mengepel

e)       Menyalakan AC/Fan

f)        Memberi pengharum ruangan

g)       Membuang sampah

3)      Membersihkan kamar toilet disekitar ruang perkuliahan

Siang hari (dua kali membersihkan)

1)      Melakukan pengecekkan kebersihan berkala

2)      Membuang sampah

Sore hari (dua kali membersihkan)

1)      Membersihkan ruangan perkuliahan dan isinya

a)       Membersihkan dan menata peralatan perkuliahan

b)      Membersihkan kaca

c)       Menyapu

d)      Mengepel

e)       Mematikan AC/Fan

f)        Membuang sampah

2)      Menutup ruang perkuliahan

d.      Pengkondisian taman

Pagi hari

1)      Mengkondisikan peralatan pertamanan

2)      Menyapu halaman, taman, dan jalan

3)      Menyiangi rumput, gulma, dan tanaman yang mati

4)      Menyiram seluruh tanaman yang ada jika diperlukan

5)      Memberi pupuk secara berkala

6)      Membersihkan kolam

7)      Memberi makan angsa dan ikan di kolam

8)      Menata taman

Siang hari

Melakukan pengecekkan berkala

Sore hari

1)      Menyapu halaman, jalan, dan taman

2)      Menyirami tanaman jika diperlukan

3)      Mengkondisikan kembali peralatan pertamanan

 

Mengisi chek list lembar kerja

 

Presensi kepulangan tenaga cleaning service sesuai dengan pembagian tugas masing-masing

 

Menjalin komunikasi dengan supervisor cleaning service untuk meningkatkan mutu kinerja

 

Mengadakan evaluasi berkala

 

Membuat laporan





 

 

 

 

 

 

 


 

Shared: